Agar Tamu Nyaman Menginap Di Apartemen Anda

Agar Tamu Nyaman Menginap Di Apartemen Anda

Hanya karena tidak memiliki ruang tamu, bukan berarti Anda tidak bisa menerima tamu yang akan menginap. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar tamu nyaman menginap di apartemen Anda. Tapi yang paling penting adalah membuat tamu merasa diperlakukan dengan baik.

Mempersiapkan Kebutuhan Agar Tamu Nyaman Menginap Di Apartemen Anda

Berapapun luas apartemen Anda, pikirkan apa saja kebutuhan tamu selama tinggal di apartemen Anda. Berikut  beberap hal yang perlu Anda perhatikan:

Alas tidur

Photo credit: cubtab.com

Anda bisa gunakan kasur angin sebagai alas tidur untuk tamu yang menginap. Ada banyak pilihan kasur angin di pasaran dan harga yang dibandrol sebanding dengan kemudahan dan kecepatan saat menggunakannya. Pikirkan juga perabot mana yang bisa dipindahkan sementara waktu agar kasur angin bisa digunakan. Rencanakan lebih dulu dimana barang-barang Anda dipindahkan agar tidak buang waktu dan tamu merasa nyaman.

Tidur di lantai kadang jadi solusi terbaik untuk tamu Anda, dan ini sama sekali tidak masalah. Triknya adalah tetap membuat tamu senyaman mungkin. Anda bisa gunakan bantal lantai sebagai alas tidur atau selimut tebal agar alas terasa empuk.

 

Selimut, bantal, dan handuk

Apapun alas tidur yang digunakan, tamu tetap membutuhkan seprei. Bila Anda tidak punya cadangan seprei, masukkan item ini dalam daftar belanja Anda sekarang. Yang jadi masalah, benda ini jarang digunakan. Ini berarti, meski dalam kondisi bersih, seprei kadang berbau tidak sedap. Beberapa menit membersihkannya akan membuat tamu merasa lebih nyaman. Bila ada pengering, gunakan untuk menghilangkan bau lemari pada seprei. Atau semprotkan sedikit pewangi, keringkan dengan dianginkan, lalu lipat.

Baca tips agar apartemen selalu rapi.

Akan lebih baik bila Anda memberi beberapa pilihan selimut untuk digunakan tamu. Ini membuat tamu bisa menyesuaikan dengan suhu ruang dan kenyaman pribadi. Selimut bisa menjadi lembab atau berbau dan harus dibersihkan seperti seprei. Jangan lupa sediakan setidaknya dua bantal untuk tamu. Dan beritahu tamu dimana tempat menggantung handuk ketika basah.

Pencahayaan dan privasi

Kemungkinan area yang tamu gunakan tidak biasa dipakai untuk tidur. Bisa jadi area ini terlalu terang atau privasinya kurang dibanding ruang yang memang ditujukan untuk tidur. Perhatikan pencahayaan dari luar jendela saat malam, aliran cahaya di pagi hari, dan periksa  dari luar ruangan untuk membantu menentukan dimana posisi kepala saat tidur dan apakah dibutuhkan penutup jendela tambahan.

Tempat menyimpan pakaian tamu

Photo credit: abeachcottage.com

Meski tidak ada ruang tamu, sebaiknya beri tamu sedikit ruang untuk barang bawaan mereka. Kursi bisa digunakan untuk meletakkan baju dan belakang pintu bisa jadi tempat untuk menggantung pakaian bila lemari Anda sudah kelebihan kapasitas. Siapkan sudut ruang untuk meletakkan bantal atau selimut ketika tidak digunakan.

Hal lain yang perlu Anda lakukan:

  • Siapkan bahan bacaan seperti majalah atau buku agar tamu bisa rileks sambil membaca ketika menginap di apartemen Anda.
  • Bunga bisa memberi kesan nyaman di area tidur tamu. Bila tidak ada bunga segar, Anda bisa gunakan herbal dengan aroma menyegarkan.
  • Siapkan air minum di sisi tempat tidur tamu. Tamu Anda akan merasa senang karena tak perlu menuju dapur ketika haus di tengah malam. Anda bahkan bisa menggunakan botol sirup dengan label yang telah dilepas sebagai wadah air minum tamu.
  • Siapkan cemilan seperti buah atau biskuit untuk tamu.

Agar tamu nyaman menginap di apartemen, di pagi harinya Anda bisa sarapan bersama mereka. Tapi tidak berarti Anda harus menyiapkan sarapan yang rumit. Siapkan saja roti dan selai agar tamu bisa memakannya kapan saja. Pastikan persediaan teh atau kopi siap agar bila Anda bangun kesiangan, tamu bisa menyiapkannya sendiri.

Yang perlu diingat adalah membuat tamu merasa nyaman, dan Anda tidak perlu memiliki ruang tamu untuk membuat tamu betah. Perencanaan dan persiapan yang sebelumnya Anda lakukan saat tamu datang menunjukkan Anda merasa senang menerima tamu yang bermalam di apartemen Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *