Agar Anjing Peliharaan Senang Tinggal Di Apartemen Bersama Anda

Agar Anjing Peliharaan Senang Tinggal Di Apartemen Bersama Anda

Tinggal di apartemen yang kecil bisa terasa sulit. Alasan pertama, kurangnya ruang penyimpanan memaksa Anda membatasi jumlah barang yang dimiliki serta berpikir untuk berinovasi. Alasan lain, sulit untuk mengajak teman-teman datang ke tempat yang luasnya terbatas. Tapi memiliki anjing peliharaan dan tinggal di apartemen kecil jadi tantangan yang lebih besar lagi. Meski begitu, bukan hal yang tak mungkin membuat anjing peliharaan senang tinggal di apartemen bersama Anda.

Banyak anjing yang merasa nyaman tinggal di apartemen, tapi ada beberapa langkah yang pemilik harus lakukan agar hewan peliharaan ini merasa senang dan sehat. Jadi bila Anda tinggal di ruang kecil bersama teman berbulu Anda, atau Anda berencana mengadopsi seekor anjing untuk tinggal di apartemen studio atau unit dengan satu kamar tidur, berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

Latihan fisik untuk si anjing

Photo credit: active.com

Memiliki anjing berarti menjalankan komitmen soal waktu. Aturan utama ketika memelihara anjing adalah memastikan ia mendapat latihan teratur setiap hari. Tapi ketika tinggal di apartemen kecil, anjing Anda tidak punya banyak ruang untuk berlarian. Ini tidak hanya membuatnya furstasi, tapi juga membuatnya mengeluarkan energi dengan cara yang tidak seharusnya, seperti mengunyah sepatu atau furniture Anda.

Baca tentang apartemen yang pet friendly.

Anjing setidaknya membutuhkan olahraga dua kali dalam sehari, di pagi dan sore hari. Selain itu, ia membutuhkan latihan intensif setidaknya satu kali dalam seminggu. Cari tempat seperti taman atau area terbuka dimana Anda bisa bermain bersamanya. Atau luangkan waktu setiap minggu mengajaknya bersepeda atau berlari.

Kenali turunan si anjing

Keturunan berbeda bisa hidup lebih baik di ruang kecil dan ukuran bukan menjadi indikasinya. Beberapa anjing berenergi tinggi seperti terrier, toy breed, dan beagle tidak begitu nyaman berada di ruang kecil tapi beberapa turunan ajing lain seperti St. Bernard dan Great Dane tidak masalah.

Untuk memastikan anjing peliharaan senang tinggal di apartemen, bila Anda saat ini belum memiliki anjing, lakukan riset kecil untuk mengetahui jenis mana yang lebih bisa hidup di apartemen kecil.

Ciptakan tempat yang nyaman

Anjing bisa lebih mudah rileks dan beristirahat bila ia memiliki tempat sendiri, jadi siapkan tempat tidurnya di sudut apartemen Anda. Selain tempat tidur, sediakan juga beberapa mainan dan makanan serta minum di sudut ruangan untuk memberinya tempat ketika butuh istirahat.

Jalani rutinitas

Photo credit: pinimg.com

Anjing akan tumbuh dan berkembang dengan baik bila memiliki rutinitas, terutama bila ia tidak bisa keluar untuk pipis kapanpun ia mau. Ajak anjing Anda berjalan-jalan di waktu yang sama setiap pagi dan sore hari agar ia tahu kebiasaan ini. Juga beri makan di waktu yang sama setiap hari. Dengan begitu ia bisa mulai menyesuaikan jadwal ini dan siap ke kamar mandi ketika Anda membawanya keluar.

Minta bantuan

Banyak turunan anjing yang lebih senang dan sehat ketika bisa keluar dan aktif sepanjang hari. Tapi ini tentu bisa jadi masalah bila Anda harus bekerja dari pagi hingga sore hari. Minta bantuan tetangga atau teman untuk mengajak anjing Anda berjalan kaki atau berlari setiap hari saat Anda bekerja. Bila diberi aktivitas yang cukup setiap hari, anjing yang berenergi tinggi sekalipun bisa tetap senang hidup di tempat kecil.

Teman untuk si anjing

Cara selanjutnya agar anjing peliharaan senang tinggal di apartemen adalah dengan mencarikannya teman. Kebanyakan anjing senang berkumpul bersama anjing lain karena ini memberi kesempatan untuk berinteraksi dan bermain dengan cara yang berbeda dengan manusia. Cari pemilik anjing lain di gedung apartemen Anda yang mau jalan sore bersama Anda atau sekedar mampir ke tempat Anda agar para anjing bisa bermain bersama.