Pasti Bersih, Inilah Cara Membersihkan Apartemen Kurang Dari 30 Menit

Membersihkan apartemen mungkin bukan menjadi kegiatan yang menarik dalam daftar atau agenda yang harus dikerjakan oleh para penyewa unit apartemen. Ada banyak alasan mengapa para penyewa apartemen enggan untuk membersihkan apartemen, mulai dari rasa malas, hingga memakan waktu yang lama tak terkecuali bagi yang tinggal di apartemen dengan satu kamar atau tipe studio.

Bagaimanapun apartemen anda harus bersih dan tetap terawat bukan? Bisakah anda bayangkan jika ada tamu yang akan berkunjung mendadak sedangkan apartemen anda dalam kondisi yang berantakan dan tidak bersih, pastinya anda akan malu dengan tamu yang berkunjung tadi.

Untungnya, kini ada cara membersihkan apartemen dengan cepat tanpa harus berlama-lama. Dengan begitu tidak ada lagi kata malas untuk segera membersihkan apartemen anda jika sudah terlihat berantakan dan tidak bersih. Hanya memakan waktu kurang dari 30 menit setiap sudut ruangan di apartemen anda, mulai dari kamar mandi, kamar tidur, dapur, hingga ruang tamu akan terlihat bersih dan nyaman.

Sebelumnya ada beberapa peralatan wajib yang harus disediakan untuk bersih-bersih seperti sabun cuci piring, spons, kantong sampah, pembersih kaca, semprotan pembersih serbaguna, tisu dapur, lap, hingga vacum cleaner.

Ok, langsung saja kita mulai “acara” membersihkan apartemennya.

Mulai dari Kamar Mandi

Ruangan di apartemen yang harus anda periksa pertama kali ketika memulai membersihkan apartemen adalah kamar mandi. Mengapa kamar mandi menjadi ruangan pertama di apartemen yang harus anda periksa? Hal ini masuk akal, bagaimana ketika tamu anda ingin meminjam kamar mandi atau toilet anda? Meski hanya sebentar, jika kamar mandi/toilet apartemen anda tidak terawat akan menimbulkan kesan yang tidak baik bukan bagi tamu anda?

Hal yang harus pertama kali anda perhatikan adalah bersihkan noda pada bathtub, wastafel, dan bagian di atas tangki toilet. Caranya cukup semprotkan cairan atau busa pembersih pada bagian-bagian tersebut dan biarkan beberapa menit sambil anda melakukan pekerjaan bersih-bersih yang lain.

Selanjutnya, gunakan pembersih kaca untuk membersihkan cermin di kamar mandi dan gunakan pembersih kaca untuk mmbersihkan setiap perabot di kamar mandi yang terbuat dari bahan krom atau logam.

Selain membersihkan bagian-bagian pada toilet, jangan lupa untuk menata kembali toiletries, handuk, hair dryer, serta catok pelurus rambut sehingga semuanya terlihat bagus dan rapi. Pastikan juga untuk selalu menutup tirai shower sehabis mandi.

Pastikan kamar mandi merupakan ruangan pertama dan terakhir yang anda cek saat acara bersih-bersih apartemen. Jika anda memiliki vacum cleaner portable, anda bisa menggunakannya untuk membersihkan debu maupun rambut yang rontok yang mungkin saja terselip di permukaan lainnya.

Lanjut ke Kamar Tidur

Membersihkan Apartemen Khususnya Tempat Tidur
Credit: cleanmyspace.com

Menjaga tempat tidur tetap rapi juga salah satu prioritas dari kegiatan membersihkan apartemen anda. Sebenarnya ini adalah pekerjaan yang sangat mudah, namun dapat memberikan efek tempat tinggal atau apartemen jauh lebih rapi dan nyaman. Pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan tidak ada pakaian yang tercecer di lantai kamar tidur anda.

Juga, singkirkan gelas dan cangkir dan bawa benda-benda tersebut ke tempat cuci piring. Untuk membersihkan kamar tidur biasanya tidak memakan energi yang besar layaknya ketika anda membersihkan kamar mandi, jadi untuk membersihkan kamar tidur seharusnya anda hanya butuh waktu 5 menit saja.

Jangan Lupa Bersihkan Dapur

Bagi anda yang memiliki dapur di apartemen, tempat yang satu ini pasti paling banyak perhatian, sebab banyak peralatan memasak yang terkadang lupa dibersihkan. Ingat, dapur yang kotor bisa mencerminkan kepribadian penghuninya juga loh.

Meski sangat jarang tamu yang datang ke apartemen melihat dapur, tapi tak ada salahnya menjaga dapur agar tetap terlihat rapi dan nyaman. Tak jarang juga sampah yang menumpuk di dapur akan menimbulkan bau yang tidak sedap, cara mudah untuk mengatasinya adalah cukup memeras lemon di kantung atau tempat sampah untuk mengurangi bau yang tidak sedap.

Selanjutnya, pastikan meja dapur atau meja tempat makan bersih dan rapih. Cek garpu dan sendok ada pada tempatnya dan tidak berserakan. Jangan lupa juga membersihkan permukaan meja makan dengan semprotan pembersih serbaguna dan kain lap.

Yang Terpenting Adalah Ruang Tamu

Biasanya tamu yang berkunjung akan dipersilahkan untuk duduk berlama-lama di ruang tamu atau ruang keluarga, jadi penting bagi Anda untuk tidak mengabaikan area ini ketika tengah bersih-bersih.

Pastikan meja ruang tamu Anda bebas dari noda dan segala macam sampah. Kemudian, bersihkan lantai dengan vakum cleaner atau bila perlu pel lantai dengan tambahan cairan pembersih dan pengharum lantai.

Selanjutnya bersihkan rak buku atau meja TV yang rawan terdapat banyak debu. Periksa segala jenis barang yang kemungkinan tertinggal di ruang tamu seperti kunci, tas, sepatu, atau barang lainnya yang seringkali tertinggal di ruang tamu.

Terakhir, untuk membuat “acara” bersih-bersih anda sesantai mungkin. Putar lagu atau musik dengan tempo cepat yang bisa memacu semangat agar kegiatan bersih-bersih anda tidak membosankan. Selamat mencoba 🙂