5 Cara Menyewakan Apartemen Supaya Cepat Laku!

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh pemilik apartemen jika mereka memutuskan untuk menyewakan unitnya. Selain passive income, keuntungan lain yaitu, pemilik tidak perlu lagi merawat atau memelihara unit, karena semua tanggungjawab itu telah beralih kepada penyewa.

Meskipun menjanjikan, ternyata menyewakan unit apartemen itu tidak semudah kedengarannya. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan capital gain dari unit apartemen Anda, Anda perlu tahu tips dan trik untuk dapat bertahan di tengah maraknya persaingan sewa apartemen. Berikut adalah cara-cara menyewakan apartemen yang bisa Anda terapkan.

1. Merawat Unit Apartemen Anda

Jika ingin menyewakan apartemen Anda, mulailah dengan merawatnya. Tidak hanya merawat kebersihan unit saja, tetapi juga fasilitas-fasilitas di dalamnya. Pastikan fasilitas-fasilitas yang ada pada unit Anda masih terawat dan berfungsi dengan baik. Jika ada yang rusak, segeralah perbaiki atau ganti dengan yang baru. Unit yang terawat dengan fasilitas yang masih berfungsi akan membuatnya menjadi layak sewa.

2. Menampilkan Unit Secara Menarik

Apartemen sudah dirawat dan fasilitas sudah diperbaharui, apakah unit sudah siap untuk disewakan? Jangan terburu-buru dulu, unit apartemen Anda memang sudah layak sewa, tetapi belum tentu mampu menarik calon pelanggan.

Anda dapat mendekorasi ulang unit jika dirasa kurang menarik. Misalnya dengan mengganti seprei yang sudah kusam dengan warna yang lebih cerah, mengganti warna cat yang sudah luntur dengan warna yang lebih solid atau mengganti bantal dan gorden dengan model yang lebih menarik. Pertimbangkan juga tentang aliran gaya desain interior jika Anda ingin menyasar segmen pasar tertentu.

3. Memanfaatkan Platform Sewa Apartemen Online

Mungkin Anda bisa menyewakan unit secara offline dari mulut ke mulut atau dengan metode lainnya, tetapi tidak ada yang semudah menyewakan apartemen lewat platform online. Beberapa platform seperti Jendela360 menawarkan kemudahan kepada siapapun yang ingin menyewakan unit mereka. Pemilik tinggal menitipkan unitnya saja pada pihak ketiga ini, lalu mereka akan menangani sisanya.

Perlu diingat bahwa ada banyak pemilik yang juga memanfaatkan platform online untuk menyewakan unit mereka, sehingga Anda jadi punya banyak saingan. Namun jangan khawatir, selama unit Anda punya keunggulan-keunggulannya tersendiri, pelanggan kemungkinan besar akan melirik. Cobalah gali lebih dalam soal kelebihan dan keunikan unit Anda yang tidak ada pada unit milik orang lain, misalnya dari segi fasilitas, dekorasi, suasana, dsb.

cara menyewakan apartemen

Unit apartemen yang muncul di pencarian teratas pasti akan lebih dilirik dibanding unit yang berada di bawah halaman utama. Beruntung beberapa platform menyediakan fitur starlisting yang akan membuat visibilitas unit meningkat. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menarik lebih banyak calon penyewa.

4. Menetapkan Harga yang Bersaing

Menetapkan harga sewa apartemen tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa riset perbandingan terlebih dulu. Salah-salah, unit Anda bisa tidak laku karena pelanggan menemukan unit serupa dengan harga lebih murah di lapak sebelah. Ingatlah untuk tidak mematok harga terlalu tinggi untuk unit Anda, tetapi juga jangan mematok terlalu rendah. Harga yang kelewat rendah bisa menimbulkan kecurigaan terhadap kualitas unit yang Anda miliki.

5. Bersikap Responsif

Bersikap responsif penting, terutama setelah unit apartemen Anda diiklankan. Anda tentu tidak ingin panggilan-panggilan potensial itu lewat begitu saja. Dengan menerima panggilan dari calon penyewa, Anda bisa melakukan negosiasi ulang dan mengenali calon penyewa.

cara menyewakan apartemen

Sekarang Anda tahu bagaimana cara menyewakan apartemen dan sudah siap untuk menyewakannya. Hal yang tidak kalah penting ketika menyewakan apartemen adalah tetap bersabar. Tempat tinggal merupakan kebutuhan primer manusia dan apartemen dapat memenuhi itu, jadi yakinlah ada orang di luar sana yang membutuhkan apartemen Anda.