Tips dan Trik Supaya Karpet Apartemen Tetap Bersih dan Wangi

Mempertahankan dan menjaga karpet apartemen untuk tetap bersih dan wangi bisa menjadi salah satu hal yang menantang saat Anda menyewa sebuah unit apartemen full furnished. Bukan karena benda yang satu ini paling sering dicek oleh pemilik apartemen, melainkan sifatnya yang rentan kotor maupun bau meskipun aktivitas dan intensitas Anda di apartemen bisa dikatakan sangat sedikit.

Namun untungnya kini ada beberapa cara mudah dan murah yang bisa Anda coba untuk melindungi karpet apartemen dari kotor dan bau yang tak sedap. Gunakan empat tips berikut ini untuk menjaga kebersihan dan meminimalisir resiko karpet apartemen terkena noda maupun kotoran lainnya

1. Sterilkan Karpet Dari Aktivitas Lalu Lalang

Biasanya pemilik apartemen meletakkan karpet apartemen di ruang tamu yang langsung berhadapan langsung dengan pintu masuk apartemen. Hal ini bisa menaikkan resiko karpet apartemen Anda cepat kotor karena aktivitas lalu lalang atau keluar masuk pintu apartemen. Untuk mencegah karpet cepat kotor, Anda bisa membuat aturan bebas sepatu di sekitar karpet, misalnya dengan tidak memakai sepatu di dalam apartemen, meminta tamu untuk melepas sepatu mereka ketika masuk ke apartemen Anda, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan meletakkan tikar yang tidak terlalu mahal harganya untuk menutup sebagian karpet apartemen Anda. Dengan begitu karpet apartemen Anda tidak akan cepat kotor.

2. Lindungi Karpet Dari Resiko Terkena Noda

Terkadang sebagai penyewa Anda diberi kebebasan oleh pemilik untuk mengganti cat dari beberapa ruangan di apartemen. Namun apa jadinya jika di ruang yang akan anda cat tersebut terdapat karpet dan anda malas untuk menggulungnya karena saking lebarnya? Anda bisa menggunakan terpal plastik yang murah untuk melindungi setiap area karpet yang terbuka. Selain itu, juga jika Anda mengadakan acara di apartemen Anda, anda bisa menggunakan terpal plastik atau plastik transparan yang menutupi karpet di apartemen.

3. Bersihkan Karpet Apartemen Secara Rutin

Membersihkan Karpet Apartemen
Credit: popeti.com

Salah satu kunci untuk menjaga kebersihan karpet apartemen agar terlihat bersih dan wangi setiap saat adalah membersihkannya secara teratur. Persiapkan beberapa alat bersih-bersih khususnya pembersih apartemen seperti penghilang noda, kain lap, dan vacum cleaner. Jika anggaran Anda memungkinkan, pembersih uap dan pewangi karpet adalah tambahan yang berharga.

Vakum karpet Anda setidaknya seminggu satu sampai dua kali untuk mencegah debu, kotoran, remah makanan, dan rambut hewan peliharaan agar terlalu banyak menyerap ke serat-serat karpet. Selain menggunakan vacum cleaner, gunakan pembersih uap setidaknya enam bulan sekali untuk menghilangkan noda dan bau yang sulit dihilangkan.

4.  Sewa Jasa Bersih-Bersih

Banyak agen sewa apartemen atau pemilik apartemen yang meminta penyewa untuk membersihkan unit apartemen termasuk perabotan full furnished tak terkecuali karpet apartemen. Terkadang meski Anda sudah melakukan vacum cleaning dan usaha untuk bersih-bersih sendiri, noda atau bau di karpet ada saja yang membandel. Bagi Anda yang menyewa apartemen tahunan, tak ada salahnya jika setahun sekali Anda menyewa jasa bersih-bersih rumah untuk mengatasi noda dan bau yang membandel yang melekat di karpet.

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, menjaga karpet apartemen untuk tetap bersih dan wangi rasanya merupakan sebuah tantangan yang lebih besar lagi. Bulu-bulu hewan peliharaan yang rentan rontok akan sangat sulit dibersihkan jika menumpuk di karpet. Untuk itu bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan di apartemen agar selalu memperhatikan kondisi kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan jika memang hewan peliharaan Anda dibebas lepaskan di dalam apartemen.

Menjaga tampilan dan kebersihan karpet apartemen memang bisa menjadi pekerjaan yang sedikit rumit. Tanpa ketekunan yang tepat, Anda bisa menghadapi denda yang besar jika noda nampak jelas terlihat pada karpet. Untuk menjaga karpet apartemen dalam kondisi prima, praktekkan tips sederhana diatas, dengan begitu karpet Anda akan terlihat bagus dan tak akan membuat pemilik apartemen kecewa. Selamat mencoba.