Ketika Anda Tinggal Di Apartemen Studio

Anda akan menyukai tipe apartemen ini meski perlu melakukan beberapa penyesuaian. Bila Anda terbiasa tinggal di rumah tradisional, dengan ruang berbeda untuk berbagai keperluan, tinggal di satu ruang dengan semua keperluan Anda ada di sana, akan terasa sedikit aneh. Beberapa hal berikut yang akan Anda alami ketika menyewa apartemen studio.

Tempat tidur di ruang tamu, tak jadi masalah

Banyak orang menganggap penempatan tempat tidur di ruang tamu sangat jadi masalah. Memang awalnya demikian. Akan terasa aneh ketika Anda berada di tempat tidur tapi sekaligus bisa melihat dapur dari tempat tidur Anda. Anda akan merasa sangat terekspos, seperti bermimpi berangkat sekolah dan menyadari setelah tiba di sana kalau Anda tidak mengenakan celana. Tapi Anda akan terbiasa dengan hal ini, karena manusia bisa dengan cepat beradaptasi.

Merapikan tempat tidur tetap perlu

Kalau ada satu saran yang penting bagi para penyewa apartemen studio, hanya satu, yakni selalu rapikan tempat tidur Anda setiap hari. Bila Anda tidak melakukannya, apartemen Anda akan terlihat sangat berantakan.

Pikir baik-baik sebelum membagi apartemen menjadi beberapa ruang

Bila apartemen studio Anda memang cukup luas, silahkan saja beli rak buku, gorden, atau banyak perabot lain. Tapi jika area apartemen Anda sangat terbatas, membagi ruang menjadi lebih kecil mungkin bukan ide yang tepat. Anda masih bisa membedakan zona untuk ruang tamu, ruang tidur, dan ruang kerja dengan karpet dan pilihan serta pengaturan furniture, tanpa memecah garis penglihatan dan membuat ruang menjadi lebih sempit.

Jangan sampai banyak benda berceceran di sembarang tempat

Ketika tinggal di apartemen studio, kemungkinan Anda bisa melihat semua bagian ruang dari tempat Anda berdiri. Anda tidak bisa menyimpan barang yang tidak Anda pakai di satu ruang lalu menutup pintunya. Jadi sangat penting untuk tetap menjaga kerapihan ruang dan punya area penyimpanan yang Anda butuhkan, agar ketika Anda perlu menyimpan barang yang berceceran di menit-menit terakhir, Anda punya tempatnya.

Tidak menggunakan desain yang ribet

Tidak semua apartemen perlu desain untuk ruang makan, ruang tamu, dan ruang kerja. Bila Anda merasa nyaman makan di sofa, berarti meja makan tidak perlu ada. Jika Anda jarang sekali bekerja di rumah, mungkin Anda tidak butuh meja kerja. Pikirkan baik-baik tentang bagaimana kebutuhan Anda, dan bangun tempat tinggal dengan apa yang sangat Anda butuhkan, bukan apa yang Anda inginkan.

Tak perlu juga merasa minder bila Anda tinggal di apartemen studio. Ada banyak keuntungan yang Anda dapat dengan tinggal di tempat ini, antara lain:

  • Hemat uang. Apartemen studio biasanya memiliki harga yang paling terjangkau. Sebelum menanda-tangani perjanjian sewa untuk apartemen dengan satu atau dua kamar tidur, tanyakan diri Anda apakah ini akan sebanding dengan tingal di ruang yang lebih kecil tapi Anda bisa menghemat uang tiap bulannya.
  • Menghemat uang dan memilih apartemen studio berarti Anda mampu hidup di pusat kota dan cukup berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja dan restoran serta area bisnis lokal.
  • Semua ada di ruang yang sama. Anda tahu betapa menjengkelkan ketika duduk untuk menonton acara tv favorit tapi kemudian menyadari minum Anda tertinggal di ruang lain? Ini tidak akan terjadi di apartemen studio. Anda tak perlu mengitari seluruh apartemen untuk menemukan benda yang Anda cari, Anda tinggal meraihnya.
  • Memilih yang Anda suka. Setiap orang memiliki benda yang disukai, tapi di apartemen studio Anda hanya perlu memilih apa yang Anda sangat sukai. Ini akan membantu Anda menciptakan desain yang compact dan nyaman, tanpa tambahan apapun.
  • Tak ada ruang untuk tamu. Bila ada teman yang datang menginap, sangat tidak memungkinkan di apartemen studio. Tentu tinggal di satu ruang tanpa kamar tidur tamu bisa berarti menghalangi tamu yang tidak diinginkan untuk datang dan menginap.
  • Tak banyak tempat yang harus dibersihkan. Tiap tugas bersih-bersih, mulai dari piring, hingga menyapu, memvakum, dan mencuci baju, semua jadi berkurang karena area tinggal Anda secara fisik lebih kecil dan lebih sedikit ruang untuk menyimpan pakaian.
  • Dengan semua ada di satu ruang dan dalam jangkauan, memasak, bersih-bersih, membayar tagihan, dan bahkan menonton berita sore hari bisa dilakukan tanpa perlu berpindah ruang.
  • Tak ada tempat untuk furniture tak penting. Memang ini tampaknya jadi sisi negatif, tapi hanya memiliki satu ruang berarti Anda tak perlu menghabiskan uang pada barang yang Anda lihat dan suka, yang untuk jangka panjang akan menghemat pengeluaran Anda. Jangan takut, Anda masih bisa mengoleksi barang, tapi pastikan saja ukurannya kecil.

Silahkan berbagi cerita Anda, apakah Anda tinggal di apartemen studio, seberapa besar ukurannya, sudah berapa lama Anda tinggal di sana? Dan apa yang membuat Anda suka tinggal di apartemen tipe studio?