Cara Pintar Menata Peralatan Masak di Dapur Apartemen Kecil Anda

Tinggal di apartemen terlebih apartemen studio mau tidak mau Anda harus berhadapapan dengan ukuran dapur yang kecil. Mungkin di awal Anda pindah ke apartemen cukup sulit untuk terbiasa dengan ukuran dapur apartemen yang sedikit agak kecil. Terlebih bagi Anda yang banyak berurusan dengan dapur dan kegiatan masak memasak.

Bagi Anda yang hobi memasak pasti memiliki beberapa peralatan dapur atau peralatan masak yang tak sedikit jumlahnya. Namun, apa jadinya jika peralatan masak yang tak sedikit jumlahnya itu harus diletakkan di dapur apartemen yang luasnya tak seberapa. Peralatan dapur tidak akan tertata dengan rapi dan membuat dapur Anda menjadi berserakan.

Untuk mensiasatinya, berikut adalah cara menata peralatan masak di dapur kecil seperti dapur apartemen

1. Pasang Rak-rak kecil

Rak bumbu di Dapur Apartemen
Credit: signedandnumbered

Jika ada banyak ruang kosong di dinding dapur apartemen Anda saat ini, Anda dapat memanfaatkannya dengan memasang beberapa rak-rak kecil. Rak-rak kecil ini dapat Anda gunakan untuk menaruh bumbu-bumbu dapur yang sering digunakan, seperti garam, merica, vetsin, penyedap rasa, serta rempah-rempah lainnya. Rak-rak kecil di dapur juga bisa digunakan untuk menyimpan daftar resep makanan atau nota-nota penting lainnya.

Ada banyak rak-rak kecil yang bisa Anda dapatkan mulai dari rak berbahan dasar plastik, kayu, hingga bahan metal. Namun, disarankan untuk memilih rak kecil yang terbuat dari bahan kayu. Rak berbahan dasar kayu memiliki kelebihan diantaranya mudah dipasang, dapat dikreasikan ulang dengan mudah, serta menghiasnya dengan cat warna.

2. Maksimalkan Sisi-sisi Pintu Kabinet Dapur

Credit: wonderhowto

Kabinet yang tersedia di dapur apartemen saat ini beragam jenisnya. Namun saat ini penggunaan kabinet di dapur apartemen lebih banyak berbahan dasar kayu karena dapat dirancang sesuai keinginan (customized). Anda dapat mengkustom sisi-sisi pintu kabinet dapur yang tak terpakai dengan memasang rak yang dapat berfungsi untuk meletakkan perlengkapan yang ada di dapur seperti spons untuk mencuci piring, lap, atau sarung tangan oven.

3. Manfaatkan Ruang Sempit

Credit: Feng Shui Organizer

Jika di dapur anda memiliki kulkas dan diletakkan di samping kabinet, biasanya diantara keduanya terdapat ruang kosong meski beberapa senti saja. Ruang kosong dan sempit tersebut bisa digunakan untuk meletakkan rak dorong (slide storage) yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan beragam alat-alat dapur, botol, kaleng makanan, dan sebagainya. Memang agak susah untuk menemukan rak dorong (slide storage) yang sesuai dengan ukuran. Anda bisa mendatangi toko kitchen set atau pengrajin kusen untuk membuat sendiri rak dorong (slide storage) yang sesuai dengan ukuran .

4. Membeli Rak Cangkir Susun

Credit: Pinterest

Bagi Anda yang suka minum kopi atau teh, biasanya Anda juga suka mengoleksi cangkir-cangkir cantik. Biasanya cangkir-cangkir tersebut disimpan di dalam lemari dan hanya dikeluarkan bila membutuhkannya. Daripada hanya disimpan di dalam lemari, cangkir-cangkir tersebut bisa Anda keluarkan dan memanfaatkan rak cangkir susun misalnya.

Rak cangkir susun saat ini sangat mudah dijumpai baik di toko fisik maupun toko online. Selain mempercantik ruangan dengan keberadaan koleksi cangkir cantik Anda, anda juga bisa meletakkan peralatan dapur atau masak Anda di mana cangkir-cangkir Anda sebelumnya. Jauh lebih hemat bukan?

5. Gunakan Rak Magnet di Kulkas

Credit: Tokopedia

Bagian samping kulkas Anda ternyata dapat dimanfaatkan juga, tapi jangan mengacaukannya dengan tumpukan resep dan mainan magnet yang tidak terorganisir. Sebagai gantinya, Anda bisa memasang rak penyimpanan magnetik yang dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan mulai dari buku-buku resep, tisue, tusuk gigi, botol saos, botol kecap, dan peralatan dapur lainnya.

Pada bagian belakang rak terdapat magnet yang dapat menempel ke permukaan yang berbahan dasar besi atau baja, diantaranya kulkas. Rak magnet ini cocok dipasang di samping kulkas untuk merapikan perkakas dapur. Rak magnet juga bisa dipasang di samping microwave atau oven. Dengan rak magnet isi peralatan dapur Anda jadi tersimpan rapi dan mudah dicari saat dibutuhkan.