Ingin Aman Dari Pencuri? Inilah Cara Ampuh Mencegah Kemalingan di Apartemen

Masih ingat dengan kata-kata “Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tetapi juga kesempatan”? Ya, kata-kata tersebut sempat menghiasi acara televisi yang khusus membahas berita kriminal beberapa waktu yang lalu. Pesan yang sering disampaikan sesaat sebelum sesi acara tersebut usai ternyata ada benarnya. Kejahatan seperti pencurian seringkali terjadi justru adanya kesempatan.

Salah satu lokasi yang menjadi sasaran empuk bagi pencuri untuk membobol dan menguras habis harta benda di dalamnya adalah apartemen. Meski sudah dilengkapi fasilitas apartemen yang mewah seperti personil keamanan dan kamera pengawas seperti CCTV, pencurian di apartemen masih kerap terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor terutama kelengahan penghuni apartemen yang mungkin tidak mengunci pintu apartemennya dengan baik dan benar.

Cara dan Tips Mencegah Pencurian di Apartemen

Pencurian di Apartemen
Credit: yooniqimages.com

Modus pencurian di apartemen pun beragam mulai dari pelaku yang juga berstatus penghuni apartemen yang sama, orang luar di apartemen yang mengelabui petugas keamanan, hingga modus yang bisa dibilang cukup profesional untuk kasus pencurian di apartemen misalnya dengan dalih sewa apartemen.

Untuk mencegah kasus pencurian di apartemen menimpa Anda, lakukan beberapa tindakan preventif berikut ini yang berguna mengurangi resiko kecurian atau kemalingan barang berharga di apartemen Anda

1. Sadar dan Kenali Lingkungan Sekitar Apartemen Anda

Tidak peduli dimana anda tinggal, Anda harus mengawasi dan memperhatikan apa yang terjadi di sekitar tempat anda tinggal. Termasuk memperhatikan siapa saja tetangga apartemen anda. Ada baiknya secara berkala Anda memeriksa laporan kejahatan di lokasi sekitar apartemen anda baik melalui media maupun langsung ke manajemen apartemen. Dengan mengenal tetangga di sekitar apartemen, anda bisa dengan mudah untuk mengidentifikasi seseorang yang seharusnya tidak berada di sana.

Jika Anda melihat seseorang yang tidak Anda kenal lalu lalang di gedung atau di depan unit apartemen yang anda tinggali, segera hubungi petugas keamanan maupun pengelola gedung apartemen untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian.

2. Manfaatkan Keberadaan Tetangga Sekitar Apartemen Anda

Tinggal di apartemen itu artinya anda merupakan bagian dari komunitas dan juga tetangga bagi penghuni lainnya. Keberadaan tetangga apartemen secara tidak langsung bisa memberikan rasa keamanan bagi anda terlebih bagi yang tinggal sendiri di apartemen. Selain bisa menjamin rasa aman, tetangga apartemen juga bisa dimintai tolong saat kita meninggalkan apartemen dalam waktu yang lama.

Anda bisa menitipkan pesan kepada tetangga apartemen anda apabila ada orang-orang yang mencurigakan lalu-lalang di depan unit apartemen atau bisa juga menginfokan kepada tetangga Anda perihal adanya paket yang datang namun anda tidak ada di tempat. Dan yang terpenting adalah menjaga hubungan baik dengan tetangga apartemen anda.

3. Periksa Lagi Keamanan Pintu dan Jendela Apartemen Anda

Banyak penghuni apartemen mungkin mengira pintu depan adalah satu-satunya tempat yang perlu diamankan, tapi itu tidak 100 % tepat. Bahkan jika Anda tinggal di lantai bawah dari sebuah gedung apartemen dan memiliki sebuah jendela, terutama yang dapat diakses ketika kebakaran terjadi misalnya, penting bagi Anda untuk mengamankan semua kemungkinan pencuri masuk ke apartemen Anda.

Meskipun selalu penting untuk mengunci semua pintu dan jendela sebelum anda meninggalkan apartemen, adanya perangkat keamanan tambahan yang terpasang baik di pintu dan jendela bisa membantu meningkatkan keamanan apartemen anda. Memasang kunci tambahan pada pintu masuk apartemen hingga memasang teralis di jendela apartemen bisa menjadi pilihan.

4. Gunakan Perangkat Sistem Keamanan

Meskipun di apartemen anda sudah terinstall CCTV, perangkat sistem keamanan lainnya juga dibutuhkan guna mencegah adanya kesempatan pencuri untuk masuk ke dalam apartemen anda. Ada beberapa perangkat sistem keamanan yang bisa dipasang di unit apartemen anda seperti detektor gerak (motion sensor) hingga sistem keamanan nirkabel yang terintegrasi dengan smartphone, tablet, maupun PC.

Sistem keamanan nirkabel yang terintegrasi dengan smartphone saat ini banyak diminati penghuni apartemen karena sangat mudah digunakan. Selain mudah digunakan manfaat lain yang diberikan oleh sistem keamanan nirkabel ini adalah dapat mengawasi barang-barang di apartemen dari manapun Anda berada.

5. Periksa Kondisi Apartemen Sebelum Pindah

Sebelum anda memutuskan pindah ke apartemen baru, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu kondisi apartemen terlebih faktor pengamanannya. Selain dukungan personil keamanan dan CCTV, hal-hal yang menyangkut calon hunian anda perlu diperhatikan kembali.

Periksa kembali kunci pintu apartemen dan jendela apakah ada kerusakan atau tidak maupun berfungsi dengan baik. Selain memeriksa kembali kunci pintu dan jendela, pastikan juga pemilik apartemen atau manajer apartemen Anda mengganti kunci setelah penyewa sebelumnya pindah.

Dengan semakin maraknya aksi pencurian di apartemen, rasanya para penghuni apartemen harus makin waspada. Sebenarnya pengawasan keamanan sudah sangat baik di hampir semua apartemen, terutama apartemen mewah. Namun tak ada salahnya bila Anda sebagai penghuni untuk lebih berhati-hati dan selalu mengunci pintu apartemen.