Menciptakan Area Kerja Di Apartemen Anda

Semakin banyak perusahaan yang membolehkan pegawainya bekerja dari rumah tanpa perlu datang ke kantor setiap hari. Dengan begitu para pegawai ini bisa menikmati kenyamanan tersendiri dengan bekerja meski masih mengenakan baju tidur. Kedengarannya mengasyikan ya?

Anda sedang mencari apartemen di kawasan Meruya?

Tapi biasanya kondisi apartemen tidak dilengkapi dengan area kerja, dan ini tak jadi masalah, karena Anda bisa menciptakan area kerja sendiri. Percayalah, meski dengan apartemen tipe studio, Anda masih bisa memiliki ruang sebagai area kerja yang gaya dan produktif, berikut beberapa caranya:

Pilih lokasi yang tepat

Memilih tempat yang tepat sebagai area kerja di apartemen Anda bukan hal sulit, tapi ada beberapa faktor  yang bisa membantu:

  • Dekat jendela. Meski Anda bisa saja menggunakan lampu meja atau lampu dinding untuk memberi penerangan pada meja kerja, tapi cahaya alami akan membuat Anda terjaga sepanjang hari. Jadi sebisa mungkin, tata area kerja di dekat jendela. Bila tidak memungkinkan, gunakan cahaya dari bola lampu yang lembut sebagai penerang ruangan.
  • Hindari suara bising. Bila ada bagian apartemen yang berisik, Anda perlu mengatur area kerja jauh dari area tersebut. Karena tak ada yang ingin mendengar nyanyian teman di kamar mandi ketika Anda mengadakan conference call, bukan?
  • Menghadap dinding. Paling baik menciptakan area kerja di sekitar dinding karena ini akan memberi Anda ruang ekstra untuk penyimpanan dan pengaturan. Anda bisa gunakan meja lipat bila ruang sangat terbatas.
  • Periksa sumber listrik. Anda perlu stop kontak untuk komputer, lampu, charger, dan monitor, jadi pastikan ada outlet listrik yang dekat dengan meja kerja.

Semua harus tertata baik

Anda tak akan bisa konsentrasi bekerja bila meja berantakan. Akan ada banyak benda yang membutuhkan tempat seperti kalender, sticky note, arsip, dan alat tulis. Daripada membiarkan semua memenuhi meja, pertimbangkan solusi penyimpanan berikut:

  • Manfaatkan dinding. Buat rak gantung pada dinding di dekat meja. Anda bisa gunakan toples kaca berukuran kecil untuk menyimpan klip kertas, pulpen, pensil, dan stapler, lalu tata toples pada rak agar mudah dijangkau.
  • Gunakan kembali berbagai benda. Anda bisa gunakan benda yang sudah lama ada di apartemen, misalnya cetakan es batu. Benda ini pas diletakkan di dalam laci, dan bagian kecilnya bisa Anda gunakan sebagai wadah klip kertas, materai, atau karet.
  • Sembunyikan benda yang tidak ingin Anda lihat. Modem dan router penting untuk koneksi internet, tapi tak ada yang suka tampilannya di meja kerja. Tutupi benda ini dengan kotak penyimpanan cantik, yang bisa Anda dapat di toko cendera mata. Buat lubang kecil di bagian belakang untuk akses kabel.

Gunakan kursi

Jangan gunakan kursi kayu untuk area kerja. Postur dan bokong Anda akan lebih menyukai tempat duduk yang nyaman. Cari kursi dengan bantalan dan tinggi yang bisa Anda sesuaikan. Atau sebagai alternatif Anda bisa gunakan bola gym. Dengan duduk di atas bola besar ini Anda sekaligus menjaga keseimbangan dengan mengaktifkan otot kaki dan pinggang. Jadi Anda bisa bekerja sambil berolahraga.

Anda bisa sewa apartemen sesuai lokasi serta tipe unit yang Anda cari.

Personalisasi area kerja Anda

Karena berada di apartemen sendiri, Anda bisa menyesuaikan area kerja dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

  • Cat dinding sebagai aksen. Bila pengelola apartemen membolehkan, Anda bisa mengecat dinding di belakang meja untuk menghidupkan suasana area kerja. Anda perlu selektif ketika memilih warna yang tepat. Misalnya bila menginginkan area kerja yang terasa berenergi, pilihlah warna merah atau orange. Tapi bila Anda menyukai suasana rileks dan bebas stres, Anda bisa pilih warna biru.
  • Pajangan karya seni. Hiasi dinding dengan foto teman dan keluarga, atau bingkai berisi kata-kata motivasi yang akan membantu Anda tetap produktif bekerja sepanjang hari.
  • Tambahkan karpet. Bawa warna dan kehangatan ke area kerja dengan menempatkan karpet di bawah meja. Dengan begitu Anda bisa melepas alas kaki ketika bekerja.
  • Gunakan benda warna-warni. Cari alat tulis kantor dengan banyak warna seperti stapler dengan warna hijau cerah, jurnal merah muda, atau sticky note dengan warna kuning.

Di apartemen dengan luas terbatas, Anda mungkin tidak memiliki ruang terpisah untuk digunakan sebagai area kerja, tapi ini tidak berarti Anda tidak bisa menciptakannya. Semoga tips di atas bisa membantu Anda memiliki area kerja yang nyaman di apartemen.