Do’s dan Don’ts Ketika Mendekorasi Apartemen

Sesering apapun Anda menonton acara dekorasi hunian, mendekorasi apartemen tidak semudah yang Anda lihat di layar kaca.

Ketika tinggal di kamar kos-kosan, Anda hanya berurusan dengan tempat tidur, lemari, dan beberapa poster kesayangan di dinding. Tapi ketika mendekorasi apartemen, Anda tentu ingin menggantung aksesoris agar sedikit lebih stylish.

Tidak tahu bagaimana memulainya? Berikut ini beberapa do’s dan don’ts ketika mendekorasi apartemen:

Pahami perjanjian sewa

Ini sebenarnya bukan saran dekorasi, tapi membaca perjanjian sewa jadi langkah pertama yang tiap penyewa perlu lakukan sebelum mengambil palu atau membandingkan warna cat.

Pemilik dan pengelola apartemen kadang sangat tegas tentang apa yang boleh dan tidak boleh penyewa lakukan. Baik yang drastis seperti mengecat dinding atau hal sederhana seperti memasang paku di dinding.

Bila perjanjian sewa tidak secara jelas mencantumkan aturan ini, tanyakan ke pemilik apartemen untuk memperoleh klarifikasi. Kapanpun Anda ingin mengecat ulang, penting untuk mendapat izin tertulis dari pemilik lebih dulu.

Photo credit: Google

Jangan membuat sesak ruangan

Apartemen biasanya berukuran tidak luas. Meski Anda ingin mengisi tiap inci ruangan dengan rak, meja, kursi, dan furniture lain, membuat sesak ruangan bisa mengakibatkan ruangan kecil jadi semakin kecil.

Ketika membeli dan menata furniture, coba berpikir minimalis. Gunakan hanya yang perlu dan cari furniture multi fungsi, seperti item yang bisa berfungsi sebagai meja dan tempat penyimpanan selimut serta sprei.

Buat perencanaan

Bagian paling sulit dari mendekorasi apartemen bagi kebanyakan orang adalah mengetahui dimana memulainya. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk membuat perencanaan. Sebelum menata furniture, lihat tiap ruangan dan putuskan dekorasi apa yang dibutuhkan pada tiap kamar dan skema warna yang Anda inginkan.

Bagian living room mungkin membutuhkan tirai dan hiasan gantung di atas sofa, sedang lorong bisa jadi tempat untuk galeri dinding. Setelah punya perencanaan, gunakan rencana dekorasi yang Anda punya untuk memulainya. Kemudian kunjungi toko furniture untuk menemukan item yang akan Anda gunakan untuk dekorasi.

Jangan habiskan banyak uang

Ingat, mendekorasi apartemen tidak harus menghabiskan uang banyak. Anda bisa cari projek DIY di internet dan membuat lukisan sendiri atau menciptakan galeri dinding yang  menarik.

Manfaatkan cahaya alami

Tirai bisa dengan cepat membuat ruangan terlihat lebih stylish selama tingginya tepat untuk dinding Anda. Tapi juga penting untuk membuat cahaya alami bisa masuk ke ruangan Anda.

Cahaya alami jauh lebih menarik dibanding cahaya buatan dari lampu, ini juga bisa menghemat tagihan listrik Anda. Gunakan tirai yang sesuai agar sinar matahari masih bisa menembus ruangan.

Baca artikel lainnya tentang Residence 8 Senopati.

Jangan takut merenovasi

Bukan berarti Anda harus melakukannya berlebihan. Tapi memberikan sentuhan personal berupa item furniture atau bentuk dekorasi jadi cara tepat untuk menambahkan aksesoris dengan cara murah sekaligus menunjukan gaya personal Anda. Bila perlu, cat meja lama agar tampilannya lebih segar.

Perhatikan ukuran

Ukuran jadi faktor penting di projek desain interior apapun, karena ketika dekorasi dan aksesoris terlalu besar atau terlalu kecil, semua akan terlihat aneh. Anda tentu tidak ingin menggunakan bantal raksasa di kursi kecil atau bingkai kecil untuk dinding luas yang kosong.

Photo credit: Google

Jangan lupakan area penyimpanan

Salah satu bagian paling penting dari mendekorasi apartemen, terutama bila Anda tinggal di hunian kecil, adalah memastikan ada tempat penyimpanan yang cukup. Untungnya ada banyak cara untuk mendekorasi dan mendapat banyak ruang penyimpanan di waktu bersamaan.

Misalnya, gunakan rak buku tinggi, bukan yang pendek, agar Anda punya ruang baik untuk menyimpan barang maupun memajang pernak pernik dekoratif. Atau pasang rak gantung yang stylish dan praktis juga.

Bersenang-senanglah

Mendekorasi apartemen harus jadi aktivitas yang menyenangkan. Coba untuk tidak melakukannya dengan terlalu serius.

Dan pastikan menciptakan ruang yang memancarkan style personal Anda. Minta teman membantu menggantung dekorasi dan ambil bagian dalam projek DIY Anda. Dan ingat, mendekorasi apartemen tidak harus selesai dalam satu hari.