Menerapkan Konsep 3R Di Apartemen Anda

Menerapkan Konsep 3R Di Apartemen Anda

Tentunya kita pernah mendengar slogan “Reduce, Reuse, Recycle.” Tapi kadang lebih mudah membuang koran lama ke tempat sampah daripada mendaur ulangnya. Tinggal di apartemen tidak berarti Anda tidak bisa mendaur ulang aneka benda dan mengurangi sampah. Tips berikut bisa membantu Anda menerapakan konsep 3R di apartemen dan menjadikannya lebih ramah lingkungan.

Konsep 3R Di Apartemen

Reduce (mengurangi) konsumsi dan sampah

Photo credit: opcdd.com

Reduce, reuse, dan recycle menjadi konsep untuk bisa menerapkan go green di apartemen Anda. Untuk bisa mengurangi dampak diri sendiri pada lingkungan adalah dengan menggunakan kembali dan mendaur ulang apa saja.

Ada banyak cara untuk mengurangi sampah kertas dan bungkus kemasan. Bungkus kemasan terdiri dari 30 persen sampah. Membeli benda yang sedikit kemasannya berarti Anda bisa menurunkan jumlah sampah. Beli dalam jumlah banyak dan hindari kemasan satuan.

Reuse produk rumah tangga

Satu cara terbaik mengurangi sampah adalah dengan menggunakan kembali benda yang biasa Anda buang ke tempat sampah. Reuse bisa jadi aktivitas yang cukup kreatif, Anda tidak perlu menjadi guru seni untuk bisa menggunakan kembali berbagai benda. Lihat apa yang biasa Anda buang dan coba cari tahu alternatif penggunaannya. Misalnya, Anda bisa gunakan kardus bekas untuk wadah penyimpanan dan koran bekas untuk membersihkan cermin.

Baca tentang tips agar udara di apartemen lebih bersih.

Langkah lain adalah memperpanjang penggunaan produk dengan membeli barang bekas. Daripada membeli baru, Anda bisa gunakan lampu, peralatan listrik, atau perabot bekas. Bila Anda perlu membeli barang baru, pastikan barang lama Anda bisa digunakan orang lain.

Recycling (mendaur ulang)

Untuk benda yang tidak bisa lagi digunakan atau sampah yang tidak bisa dikurangi, Anda bisa coba mendaur ulangnya. Kertas, plastk, aluminium dan kaca bisa didaur ulang.

Ada banyak cara untuk menerapkan 3R di apartemen agar hunian  Anda lebih ramah lingkungan. Satu manfaat dari go green adalah gaya hidup yang lebih sehat.

  • Photo credit: indiatvnews.com

    Berbelanja cerdas. Berbelanja cerdas bisa jadi cara untuk mengurangi sampah. Rencanakan makanan yang akan Anda beli, buat daftarnya, dan jangan beli benda yang tidak Anda butuhkan, terutama produk makanan yang bisa rusak. Sebelum membeli sesuatu, pastikan Anda bisa dan akan menggunakannya. Sebelum ke supermarket, makan cemilan dan hindari berbelanja ketika merasa lapar, karena bisa menyebabkan Anda membeli lebih banyak makanan dari yang Anda butuhkan.

  • Gunakan produk pembersih ramah lingkungan. Beli produk pembersih ramah lingkungan untuk piring serta pakaian yang terbuat dari bahan alami.
  • Tempat sampah terpisah. Siapkan tempat sampah atau kotak untuk benda yang bisa digunakan kembali seperti kertas, kaca, dan logam. Beri label pada tempat sampah untuk memastikan Anda memisahkan sampah dengan benar.
  • Ada pakaian yang tidak lagi Anda pakai atau masih ada buah pisang yang tidak mungkin Anda habiskan sendiri, donasikan apapun dan kapanpun Anda bisa. Ada banyak orang yang akan dengan senang hati menerima pakaian, selimut, dan makanan dari Anda. Daripada membuangnya, periksa apakah Anda bisa mendonasikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *