Mengadakan Pesta Di Apartemen? Kenapa Tidak?

Anda tidak perlu ruang besar untuk berkumpul bersama teman. Tidak sulit mengadakan pesta di apartemen dengan luas terbatas. Triknya adalah memaksimalkan ruang yang ada dengan cara yang cerdas.

Tak perlu merasa malu mengundang teman hanya karena Anda menyewa apartemen berukuran kecil dengan ruang makan yang tidak luas seperti yang Anda mau. Ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini agar Anda tetap bisa mengadakan pesta dan tamu merasa nyaman di apartemen Anda.

Persiapkan ruang yang akan digunakan

Satu hal menyenangkan dari mengadakan pesta di apartemen kecil adalah Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membersihkannya. Tapi sisi sebaliknya, tidak tersedia cukup ruang untuk menampilkan semua sisi apartemen ke tamu.

Anda bisa berdayakan bak mandi yang ada. Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan tumpukan majalah atau benda lain yang tidak ingin dilihat tamu. Pastikan Anda mandi lebih dulu sebelum menggunakan bak mandi sebagai tempat penyimpanan, ya.

Coba berpikir kreatif dan gunakan ruang yang ada dengan cara yang unik. Tempat cuci piring bisa Anda isi dengan es batu sebagai pendingin untuk minuman botol. Coffee table bisa jadi area makan setelah ditutup oleh taplak putih. Dan tamu akan merasa senang menghadiri pesta kasual ketika melihat bantal lantai yang membuat mereka bisa duduk santai.

Anda juga perlu memindahkan beberapa perabot dari ruang tamu, untuk memberi lebih banyak ruang bagi tamu untuk berdiri dan bercengkerama. Letakkan meja dan kursi besar di kamar tidur dan tutup pintunya. Anda sendiri yang akan meletakkan mantel atau jaket tamu di atas tempat tidur. Pastikan televisi tidak mendominsi pesta. Matikan dan tempatkan kursi tepat di depannya, menghadap ke ruangan.

Jangan ragu memindahkan meja dapur ke ruang keluarga, atau menggunakan kursi panjang untuk menambah ruang di sekitar meja.

Siapkan playlist untuk musik. Sesuaikan musik dengan pesta yang Anda adakan, musik lembut untuk pesta makan malam kecil dan yang lebih berenergi untuk pesta yang lebih besar. Anda bisa juga pilih musik berdasarkan tema, musik 80-an, 90-an, hip-hop, Latin, dan sebagainya. Pastikan semua orang bisa menikmatinya.

Agar ruang pesta terasa nyaman

Bila tujuan Anda adalah memaksimalkan ruang untuk memuat lebih banyak orang di dalam apartemen dibanding biasanya, cara yang cepat adalah dengan mendorong furniture ke dinding agar Anda punya lebih banyak ruang terbuka.  Bila ada kamar tamu dan lemari besar, Anda bisa simpan banyak barang di sana, lalu siapkan ruang untuk dansa atau meja buffet.

Kreatif menyajikan makanan

Apartemen kecil menuntut Anda untuk bisa kreatif memanfaatkan ruang ketika menyajikan makanan. Selain meja dapur, Anda bisa gunakan permukaan rata mana saja sebagai tempat untuk meletakkan nampan sajian makanan. Rahasianya adalah menyamarkan permukaannya dan membuatnya terkesan istimewa.

Pilih kain yang menarik dan potong persegi untuk menutupi stereo, meja kopi, atau permukaan rata yang kokoh lain. Juga gunakan permukaan dengan level berbeda untuk membuatnya secara visual lebih menarik. Gunakan gelas plastik untuk para tamu demi mengurangi penggunaan gelas kaca, sekaligus menghemat tempat dan waktu untuk bersih-bersih.

Bisa juga Anda siapkan gelas yang sudah ditempeli nama tamu yang diundang. Ini juga untuk memastikan tiap orang hanya menggunakan satu gelas sepanjang pesta. Anda dapat menuliskan nama tamu pada pengaduk gelas. Baca artikel kami lainnya tentang keuntungan tinggal di apartemen

Modifikasi fungsi ruang

Orang cenderung menyajikan makanan di dapur dan bermain games di ruang tamu. Tapi bagaimana bila Anda menukar fungsi ruang dan menjadikan area makan sebagai tempat ngobrol dan menyajikan makanan di coffee table?

Ubah ruang tamu menjadi area makan. Atur penataan makanan agar orang tidak berjejal di dapur. Tempatkan hidangan pembuka di dekat pintu masuk agar tamu bisa menikmatinya ketika berjalan masuk. Atur sedemikian rupa agar para undangan merasa nyaman berlalu-lalang di apartemen Anda.

Bila ada area balkon, ini bisa mejadi ruang tambahan untuk menikmati udara luar. Jika Anda tidak ingin tamu merokok di dalam ruangan, jadikan area outdoor untuk tujuan ini.

Kombinasikan makanan

Sajikan kelompok buah yang mirip pada satu mangkok atau nampan, bukan menyajikannya di wadah terpisah. Bila area makan terbatas, letakkan beberapa makanan pada coffee table, sebagai tambahan agar tamu tidak penuh di satu tempat. Jangan lupa ajak tamu ngobrol agar suasana semakin akrab.

Untuk memaksimalkan ruang, gunakan nampan bertingkat untuk menyajikan makanan. Penyajian makanan dengan tinggi berbeda membuat perhatian tertuju ke area spesifik apertemen, bukan terfokus pada pesta yang terlihat berantakan.

Dekorasi sederhana

Dekorasi berlebihan membuat ruang terasa sempit dan berantakan. Jadi gunakan hiasan sederhana seperti satu rangkaian bunga atau pita polos dibanding hiasan dengan banyak pola.

Sebaiknya hias dinding dan langit-langit, daripada mendekorasi permukaan meja, untuk menghindari mengurangi permukaan yang rata sebagai tempat menyajikan makanan. Lampu kabel dan vas gantung yang menempel pada langit-langit memberi kesan meriah tapi tetap memberi ruang yang cukup pada meja untuk makanan dan minuman.

Pencahayaan

Nyalakan lampu atau buka tirai agar ada banyak cahaya alami masuk ke ruangan. Dan gunakan cermin yang digantung pada dinding untuk menimbulkan kesan luas pada ruang.

Jangan lupa, Anda bisa beritahukan tetangga tentang pesta yang akan Anda adakan atau lebih baik lagi undang juga mereka. Tak ada yang lebih menyenangkan selain keharmonisan bertetangga. Tentu Anda tidak mau pengelola apartemen mendatangi Anda karena tetangga mengeluhkan suara bising dari pesta Anda.