Menyehatkan, 8 Tanaman Ini Cocok di Apartemen Anda

Memelihara tanaman dalam apartemen kini bukan hanya sekedar menjadi penghias maupun menambah keindahan dekorasi apartemen saja. Faktanya, selain cantik beberapa tanaman ini justru memberi banyak manfaat bagi kesehatan ketika ditaruh di dalam apartemen maupun balkon apartemen Anda. Berikut ulasannya.  

  1. Aloe Vera
    Lebih dikenal dengan sebutan Lidah Buaya, tanaman ini menjadi indikasi bahwa udara disuatu ruangan tidak sehat. Selain itu lidah buaya sendiri dikenal sebagai ahli pembersih udara. Bahkan satu pot lidah buaya sama dengan sembilan pembersih udara. Pada saat diruangan kita memiliki jumlah racun di udara telah melebihi jumlah yang  tidak sehat maka daun pada tanaman lidah buaya akan muncul bintik hitam.
  2. Ivy
    Tanaman yang populer dengan sebutan Sirih Belanda ini, mempunyai manfaat dalam menyerap zat-zat berbahaya seperti formaldehida dan benzena. Dalam kurun waktu 24 jam Ivy bisa menyerap 90% Benzena dalam sebuah ruangan. Benzena sendiri dihasilkan dari sisa pembakaran dan pembuatan plastik yang tentunya beracun bagi tubuh.
  3. Kaktus
    Kaktus kini lebih sering digunakan sebagai dekorasi dan penghias ruangan. Faktanya, Kaktus mempunyai banyak manfaat ketika ditaruh dalam sebuah ruangan. Kaktus merupakan tanaman terbaik dalam memfilter udara dan mengatasi radiasi. Kaktus juga baik sebagai penyerap karbon dioksida di malam hari untuk melepaskan oksigen sehingga adanya Kaktus di dalam ruangan sangat membantu dalam tidur dan menambah kuantitas oksigen di kamar.
  4. Pachira
    Bisa dibilang tanaman ini merupakan sahabat perokok, kenapa ? karena tanaman ini penyerap asap yang baik. Tanaman ini dapat membantu menyerap asap, karbon dioksida, monosida, dan melepaskan oksigen.
  5. Chlorophytum 
    Lebih dikenal dengan sebutan Lili Paris, merupakan tanaman yang dapat berfotosintesis dengan sedikit intensitas cahaya matahari dan dapat menyerap udara berbahaya. Satu pot Lili Paris juga bisa digunakan untuk menyerap karsinogen dan melepaskan oksigen, serta mengurangi benzena dan nikotin dalam tembakau.
  6. Suplir Adiantum
    Mungkin ini tanaman yang wajib dimiliki para orang IT dan kantoran. Adiantum mampu menyerap radiasi dan menyerap Xylene dan Toluene yang dihasilkan oleh monitor dan printer.  Adiantum menyerap 20 mikrogram per jam formalehida dan dianggap salah satu tanaman sebagai pembersih alami yang paling efektif. Apabila apartemen Anda baru di cat dan Anda seorang perokok maka Anda harus mempertimbangkan Adiantum sebagai dokter tanaman Anda.
  7.  Monstera
    Kemampuannya tidak diragukan lagi dalam membantu menaikkan kualitas udara di malam hari dengan menyerap karbon dioksida serta melepaskan oksigen.
  8. Sansiviera
    Tanaman  cantik ini merupakan salah satu tumbuhan yang mampu memfilter udara dengan menyerap racun (polutan) berbahaya di udara. Tanaman ini sering disebut dengan Lidah Mertua.

    Sumber gambar : www.pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *