Tinggal Sendirian Di Apartemen Tanpa Merasa Kesepian

Tinggal Sendirian Di Apartemen Tanpa Merasa Kesepian

Baik karena pilihan atau keadaan, tinggal sendirian di apartemen punya banyak keuntungan. Tapi mungkin salah satu dari kekurangannya adalah kadang Anda merasa kesepian. Memang wajar bila Anda merasa demikian, tapi kenapa Anda harus merasa sendirian bila bisa menghindarinya? Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kesepian ketika hidup sendiri di apartemen.
Ingin coba tinggal sendirian, Anda tinggal sewa apartemen tipe studio.

Photo credit: quickanddirtytips

Jangan menutup diri dari dunia luar
Ini jadi hal yang paling penting. Anda harus membuka tirai jendela setiap hari dan biarkan cahaya matahari masuk ke ruang apartemen Anda. Buka juga pintu dan sapa tetangga. Jadikan area luar ruangan, meski hanya berupa balkon kecil, sebagai tempat Anda untuk duduk dan menikmati dunia luar. Ketika hidup seorang diri, orang cenderung menutup diri dari dunia luar. Memang kadang ini menyenangkan tapi bisa menciptakan rasa tidak aman. Membuka diri dan tempat tinggal Anda ke dunia luar membantu mengingatkan kita kalau meski kita merasa sendirian, sebenarnya tidak demikian.

 
Cari aktivitas yang membuat hidup sendirian jadi lebih seru
Anda suka mendengarkan lagu enerjik sambil menari mengikuti irama musik? Akan memalukan bila ada yang melihatnya tapi seru bila Anda hanya sendirian. Pikirkan apa yang Anda sukai dari tinggal seorang diri dan cari cara untuk menikmatinya setiap hari. Bila makan langsung dari wadah es krim yang Anda anggap seru, silahkan saja. Jika Anda suka berada di apartemen dengan topeng yang membuat Anda seolah karakter di film horor, kenapa tidak melakukannya, tidak ada yang melihat kan?

 
Punya hewan peliharaan
Bagi pecinta binatang, memiliki hewan peliharaan berarti Anda tidak merasa kesepian, karena hewan peliharaan bisa menjadi teman bicara Anda. Tapi bila tidak memungkinkan untuk memelihara kucing atau anjing, pertimbangkan hewan peliharaan yang lebih mudah dipelihara seperti ikan di dalam toples kaca. Interaksi dengan makhluk hidup selain diri sendiri membuat Anda tidak lagi kesepian.

 

Photo credit: i.huffpost

Lebih sering cari hiburan
Ingin tahu cara terbaik untuk tidak merasa kesepian ketika tinggal sendirian? Mengajak orang-orang yang Anda suka untuk datang ke apartemen dan mencari hiburan. Ingat, Anda tidak perlu mengadakan pesta formal, cukup dengan mengundang beberapa teman untuk bermain games, ini sudah bisa menjadi cara untuk membawa tawa ceria dan obrolan ke apartemen Anda.

 
Coba hal baru
Anda tidak akan merasa kesepian ketika tinggal sendirian di apartemen bila mencoba menguasai keterampilan baru, melakukan hobi, atau mencoba resep baru. Untuk menghindari rasa kesepian, yang paling baik adalah mengisi waktu dengan hal yang membuat Anda senang dan kreatif.

 
Teknologi untuk tetap terhubung
Teknologi kadang membuat orang menjadi terisolasi. Tentu masalahnya bukan pada tenologinya tapi bagaimana kita menggunakan teknologi tersebut yang jadi persoalan. Misalnya, Facebook jadi cara seru untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Skype juga layanan yang membuat Anda dekat dengan kerabat. Banyak orang menjadikan video call dengan keluarga sebagai aktivitas seru di tiap minggu.

 
Kenali pemicu rasa kesepian dan cari cara untuk melawannya
Salah satu hal terbaik ketika tinggal bersama orang lain baik teman atau pasangan adalah ada orang yang menyapa ketika Anda tiba di apartemen dan orang yang bisa diajak bicara tentang berbagai hal. Akan berbeda bila Anda pulang ke apartemen yang kosong. Jadi atasi hal ini dengan menjadwalkan menelepon teman dekat atau mengirim pesan ke ibu ketika tiba di rumah untuk sekedar menanyakan kabarnya.

 
Kadang terasa tidak nyaman ketika tinggal sendirian di apartemen. Coba identifikasi apa saja yang membuat Anda sedih ketika tinggal sendiri. Apakah ketika Anda merasa bosan? Selalu lakukan hobi dan hal yang bisa Anda kerjakan. Cari tahu apa yang menjadi masalah dan cara mengatasinya.