Cari Apartemen yang Pet Friendly? Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Tinggal

Pernahkah Anda mengalami kesulitan ketika hendak mencari dan pindah ke apartemen yang ramah hewan peliharaan (friendly pet)? Hampir 83 % dari calon penghuni yang ingin sewa apartemen menghadapi kesulitan ketika memilih dan mencari apartemen yang bisa mengakomodasi diri mereka sendiri sekaligus hewan peliharaan kesayangannya.

Sebagai pemilik hewan peliharaan yang baik, Anda juga perlu memikirkan apakah tempat tinggal anda ramah dengan hewan peliharaan .Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk pindah ke apartemen yang ramah hewan peliharaan, diantaranya sebagai berikut

Apartemen yang ramah hewan peliharaan
Credit: rentcafe.com

Berikut adalah 10 hal yang perlu diperhatikan ketika hendak pindah ke apartemen yang ramah hewan peliharaan

  1. Riset apartemen. Ketika hendak memutuskan sewa apartemen yang bisa menerima hewan peliharaan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apartemen mana saja yang membolehkan penguninya membawa hewan peliharaan. Jika sudah mendapatkan apartemen yang dimaksud, segera hubungi agen real estate setidaknya enam minggu sebelum masa sewa apartemen lama anda berakhir.
  2. Pilih apartemen di lantai rendah. Sebaiknya pilih unit apartemen di lantai bawah daripada lantai atas. Apartemen lantai bawah, akan memudahkan Anda untuk membawa binatang peliharaan jalan-jalan ke luar apartemen untuk sekedar buang air atau berolahraga.
  3. Pastikan ketersediaan fasilitas pendukung. Selain mencari apartemen yang membolehkan penghuninya membawa hewan peliharaan, Anda juga harus mempertimbangkan fasilitas pendukung lainnya yang menguntungkan Anda sebagai pemilik hewan peliharaan seperti adanya tempat penitipan hewan, klinik hewan, toko kebutuhan hewan peliharaan atau pets shop. 
  4. Tempatkan diri sebagai pemilik tetap apartemen. Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membawa hewan peliharaan anda ke apartemen adalah tempatkan diri Anda sebagai pemilik apartemen atau manajer apartemen. Pemilik apartemen mungkin pernah mengalami pengalaman buruk dengan penghuni yang membawa hewan peliharaan dengan tidak bertanggung jawab misalnya seperti bau kotoran hewan yang tertinggal, furnitur yang lecet karena cakar, atau tirai yang rusak. Belum lagi keluhan tetangga akan berisiknya suara hewan peliharaan yang akan Anda bawa. Oleh sebab itu, yakinkan pemilik apartemen atau manajer apartemen bahwa Anda adalah pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab.
  5. Cari tetangga yang ramah. Anda tidak mau bukan mendapatkan keluhan terus menerus dari tetangga yang tidak menerima suara gonggongan anjing peliharan Anda. Satu poin yang tak boleh terlewat adalah memastikan tetangga sebelah apartemen Anda untuk menerima kehadiran hewan peliharaan yang akan anda ajak tinggal bersama. Lebih menyenangkan lagi apabila mendapatkan tetangga yang
  6. Kumpulkan bukti pendukung. Meyakinkan pemilik apartemen atau manajer apartemen dengan pembicaraan saja tidak cukup kuat menunjukkan bahwa Anda adalah pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab. Setidaknya tunjukkan bukti-bukti seperti surat referensi dari pemilik apartemen atau manajer apartemen anda sebelumnya yang menunjukkan bahwa Anda adalah pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab. Atau bisa juga surat dari dokter hewan yang menunjukkan Anda rajin merawat hewan peliharaan dan sekaligus membuktikan hewan peliharaan Anda bebas dari penyakit seperti rabies, toksoplasma, dan penyakit hewan peliharaan lainnya.
  7. Perkenalkan hewan peliharaan. Setelah Anda menunjukan bukti-bukti bahwa Anda adalah pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab, perkenalkan hewan peliharaan Anda kepada pemilik atau manajer apartemen. Berikan kesan positif bahwa hewan peliharaan Anda dalam kondisi yang baik. Pastikan juga hewan peliharaan Anda bersikap ramah kepada pemilik atau manajer apartemen.
  8. Pastikan kebersihan. Kebersihan lingkungan menjadi prioritas bagi siapapun yang hendak menyewa apartemen. Terlebih bagi penghuni yang memiliki hewan peliharaan. Jika Anda sudah menemukan apartemen yang membolehkan hewan peliharaan, beri tahu kepada pemilik atau manajer apartemen bahwa hewan peliharaan Anda sudah terlatih misalnya untuk buang air di tempat yang sudah disediakan dan pastikan Anda selalu membersihkan rutin ruangan apartemen agar tidak ada bulu-bulu hewan peliharaan Anda yang tertinggal.
  9. Buat perjanjian tertulis. Setelah Anda mendapatkan izin dari pemilik atau manajer apartemen untuk membawa hewan peliharaan, pastikan Anda membuat kesepatakan tertulis atau perjanjian dengan pemilik atau manajer apartemen. Perjanjian tertulis ini biasanya meliputi perlindungan baik terhadap properti yang disewakan maupun terhadap hewan peliharaan yang akan Anda bawa. Biasanya pemilik atau manajer apartemen akan meminta iuran atau deposit hewan peliharaan per bulan. Diskusikan terlebih dahulu dengan pemilik atau manajer apartemen besar deposit yang akan Anda bayar perbulannya, pastikan rincian biaya deposit juga tertulis di dalam perjanjian yang ditandatangani kedua belah pihak.
  10. Jujur apa adanya. Jangan coba-coba berbohong dengan jumlah hewan peliharaan yang Anda bawa. Suatu saat pasti pemilik atau manajer apartemen akan mengetahuinya. Bayangkan jika Anda berbohong memiliki satu hewan peliharaan saja yang sebenarnya jumlahnya lebih dari satu lalu ketahuan dengan manajer apartemen, Anda tidak mau dipaksa pindah atau menyerahkan hewan peliharaan Anda bukan?

Nah demikianlah 10 hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak sewa apartemen yang ramah hewan peliharaan. Ada baiknya anda memastikan kesiapan keseluruhannya sebelum anda menempati apartemen untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan di masa depan. Anda juga bisa mencari tahu hal lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menandatangi kontrak perjanjian sewa apartemen. Semoga bermanfaat.