Tips Pindahan Ke Apartemen Bersama Anak

Tips Pindahan Ke Apartemen Bersama Anak

Pindahan ke tempat tinggal baru bukan hal yang mudah dilakukan. Terlebih untuk anak kecil, pindahan sering disertai rasa takut dan cemas karena bisa juga berarti pidah ke sekolah baru atau berpisah dengan teman bermain. Ada beberapa cara agar pindahan ke apartemen bersama anak jadi lebih mudah dan lancar.

Agar Pindahan Ke Apartemen Bersama Anak Lebih Mudah

Berikut ini beberapa tips agar pindahan ke apartemen bersama anak berjalan lebih mudah:

Buat Perencanaan

Pikirkan cara memulai percakapan dengan si kecil tentang pindahan. Bila usia anak masih kecil, jelaskan dengan istilah yang mereka pahami, misalnya, bicaralah tentang bagaimana mainannya, perabot, dan pakaian akan dikemas sedangkan dinding, lantai, dan jendela tidak ikut dibawa. Jelaskan kondisi yang tetap sama seperti sekolah atau daycare. Biarkan anak mengajukan pertanyaan dan beri jawaban yang jujur. Cari buku yang sesuai umur anak tentang pindahan dan baca bersama anak.

Libatkan Anak Dalam Proses Pindahan

Anda punya daftar tentang fasilitas apa saja yang Anda inginkan di apartemen baru, begitu juga dengan anak. Tanyakan pendapat dan pilihan anak untuk membantunya lebih siap pindahan. Meski Anda tidak bisa mengabulkan semua permintaannya, ada sebagian yang bisa Anda penuhi, seperti kamar tidur yang lebih besar, atau apartemen yang dekat dengan area bermain. Tambahkan permintaan anak ini sebagai pertimbangan saat mencari apartemen baru.

Baca juga tips membeli apartemen baru.

Mencari Apartemen Bersama

Photo credit: meadowsliving.ca

Anak tidak akan merasa terlalu khawatir bila ia punya peran dalam proses pengambilan keputusan. Ajak anak ketika Anda melihat apartemen baru. Ini akan membuatnya punya gambaran tentang tempat tinggalnya dan memberi masukan. Ketika Anda memutuskan memilih apartemen tersebut, anak merasa senang dan memiliki ide untuk menempatkan perabot dan mendekorasi kamar tidur barunya.

Eksplorasi Lingkungan

Sesuatu yang tidak dikenal bisa terasa menakutkan bagi anak, terutama bila Anda pindah ke lingkungan yang benar-benar baru. Setelah pindahan, luangkan waktu di sore hari untuk mencari tempat-tempat yang sering dikunjungi. Anda bisa mampir ke area bermain atau taman, bioskop, atau toko kue dan es krim terdekat untuk sesekali mentraktir anak. Mengunjungi tempat-tempat ini membuat anak tahu lingkungan baru punya  banyak hal bagus untuk aktivitas yang menyenangkan.

Tonjolkan Sisi Positif Di Tempat Tinggal Baru

Buat daftar keunggulan apartemen baru Anda dan sampaikan ke anak ketika ia mulai merasa berat untuk pindah. Misalnya, apartemen dilengkapi kolam renang atau ada juga anak kecil yang tinggal di apartemen yang sama. Lokasi yang dekat dengan kantor sehingga Anda bisa pulang lebih cepat atau apartemen yang baru lebih dekat dari sekolah agar anak tidak perlu menghabiskan waktu lama di perjalanan. Apapun sisi positifnya, selalu utarakan ke anak agar ia tidak lagi merasa sedih.

Kemas Barang Favorit Belakangan

Photo credit: parveenexpress.com

Bila mainan atau buku favorit anak dikemas dan tidak lagi bisa diakses, anak akan rewel atau merengek selama beberapa hari atau minggu sebelum pindahan. Memang penting mengemas barang untuk pindahan tapi biarkan anak tetap bisa bermain dengan barang kesukaannya hingga hari pindahan tiba. Siapkan kotak yang bisa anak gunakan untuk menyimpan barang-barangnya saat hari pindahan dan biarkan ia mendekorasinya agar mudah ditemukan di tempat baru. Bila memungkinkan, biarkan ia membawa kotaknya menuju apartemen baru. Jangan lupa, pastikan semua barang telah dikemas dan diangkut ke dalam mobil atau truk.

Rencanakan Pesta Kecil

Satu hal yang paling sulit dari pindahan untuk anak adalah berpisah dengan teman dekat. Bila memungkinkan, adakan acara di apartemen baru dan undang beberapa teman dekat anak. Undang juga tetangga yang memiliki anak kecil. Dengan begitu, anak akan melihat kalau pindahan tidak berarti kehilangan teman bermain tapi justru menambah teman baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *