Trik Memanipulasi Ruang Apartemen Yang Terbatas

Bila Anda menyewa apartemen yang tidak begitu luas untuk meletakkan sofa atau rak berukuran besar, Anda tidak sendirian. Kebanyakan orang yang tinggal di apartemen memiliki keterbatasan ruang.

Tapi Anda bisa menjadikan ruang tinggal yang terbatas ini sebagai tantangan desain yang  kreatif. Kunci untuk nyaman tinggal di ruang kecil adalah menggabungkan penghematan ruang dan solusi multi fungsi tapi tetap menunjukkan gaya personal Anda.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat ruang apartemen Anda terlihat lebih luas.

Cat dengan warna terang

Warna gelap memang membuat desain ruang jadi lebih mudah, tapi ruang jadi terlihat lebih kecil. Beralihlah ke warna-warna seperti putih, krem, abu, atau biru untuk membuat ruang jadi terang, terbuka, dan luas.

Gunakan cermin

Cermin jadi cara paling cepat untuk membuat ruang jadi terlihat besar. Anda tak perlu menggantungkan cermin pada semua dinding, cukup satu cermin besar pada satu sisi dinding utama atau gantung beberapa cermin seperti pada salon untuk menciptakan statement wall.

Perabot yang ringkas

Meja makan berukuran kecil atau yang bisa dilipat, yang dapat lebih menghemat ruang ketika tidak digunakan jadi item ideal untuk area kecil. Ini berarti Anda bisa memanfaatkan area makan untuk keperluan lain.

Besar diantara yang kecil

Anda mungkin mengira perlu mendekorasi ruang dengan semua perabot berukuran kecil. Tapi satu bagian penting furniture seperti armchair berukuran besar akan membuat ruang jadi terkesan terbuka dan lapang.

Penyusunan barang

Atur benda favorit Anda dengan menyusunnya berdasarkan warna dan tinggi.

Tarik furniture menjauh dari dinding untuk menciptakan ilusi ruang

Meletakkan furniture rapat pada dinding membuat semua terlihat dan terasa kaku. Meski hanya berjarak beberapa inci dari dinding, item besar Anda membuat ruang terlihat lebih terbuka.

Gunakan motif garis untuk memperpanjang ruang

Seperti motif garis pada pakaian, karpet garis-garis akan membuat ruang terlihat lebih panjang. Sesuaikan garis pada panjang ruang untuk mendapat efek optimal.

Tirai pada jendela

Seperti pada cermin, tujuannya adalah memanipulasi mata.  Tirai menghentikan pandangan untuk melihat ke luar, meski tidak menutupi seluruh jendela. Dan tirai dan gorden hanya menambah banyak benda di ruang. Menghilangkannya akan membuat ruang jadi lebih simpel.

Jangan gunakan tirai berwarna gelap, atau biarkan jendela tanpa penutup. Ini akan membuat mata mengira ruang lebih luas. Bila membutuhkan privasi, coba gunakan tirai kasa tipis berwarna putih untuk tetap merasakan aliran udara. Atau bila Anda merasa sangat perlu menggunakan tirai, gunakan rail gorden  yang melebar jauh dari kerangka jendela agar Anda bisa secara penuh meng-ekspose jendela.

Serba putih

Warna putih membuka ruang, membuatnya jadi terang dan tenang. Mengecat dinding dan langit-langit dengan warna putih akan mempertajam efek seperti awan. Dan menyamarkan batasan antara dinding dan langit-langit menyebabkan mata bebas menjelajah, seolah langit-langit-langit jadi lebih tinggi.

Di ruang kecil yang bisa dengan mudah terlihat semrawut, warna putih jadi pilihan tepat karena menyederhanakan ruang  dan menekankan arsitekturnya. Bila Anda takut ruang yang semua berwarna putih akan terasa terlalu dingin, maka padankan dengan elemen yang memberi kesan hangat seperti kayu atau elemen bertekstur lainnya.

Akses ruang yang mudah

Ketika menata ruang berukuran kecil, orang secara alami ingin memaksimalkannya dengan berbagai jenis furniture. Tapi bila ini menyebabkan Anda tidak bisa bergerak bebas karena selalu bersenggolan dengan benda-benda yang ada, ini tentu menimbulkan kesan ruang yang sempit dan tertutup. Kadang lebih baik mengelompokkan furniture pada satu sisi ruang agar orang bisa lewat tanpa hambatan.

Semakin banyak benda dan pola, ruang semakin terasa berantakan. Hindari terlalu banyak pernak-pernik atau setidaknya kelompokkan agar bisa menyerupai bentuk instalasi. Konsentrasikan bingkai foto Anda pada satu atau dua dinding. Hindari pola rumit dan warna yang berlebihan. Atau Anda bisa konsentrasikan satu wallpaper pada satu dinding. Hal yang sama berlaku pada warna.

Intinya Anda perlu tegas pada diri sendiri. Bila Anda ingin wallpaper sebagai aksen, maka selebihnya harus sederhana. Bila Anda ingin lukisan besar di ruang tamu, maka cukup satu ini saja sebagai benda seni di ruangan tersebut.

Perabot yang tidak tinggi

Perabot berukuran rendah akan menciptakan kesan luas karena ada lebih banyak ruang di atasnya. Di kamar tidur misalnya, coba tempatkan kasur langsung pada lantai. Di ruang tamu, gunakan kursi dengan kaki pendek.

Pilihan material

Bila memungkinkan, hindari material dan kain berat yang menyerap cahaya. Linen jadi pilihan yang cocok karena sifatnya yang ringan.

Buka sekat ruang

Bila memiliki ruang tamu terbatas, Anda perlu membuka jalan atau dinding untuk membuatnya menyatu dengan ruang lain.

Ruang tamu bisa jadi kombinasi lebih besar dari ruang tamu, area makan, dan dapur bila Anda menghilangkan dinding pemisahnya. Begitu juga melebarkan akses dan membukanya ke langit-langit akan menciptakan kesan besar dan terbuka. Bila membuat perubahan struktur tidak memungkinkan, cukup dengan menghilangkan pintu pada tiap area. Ini tidak hanya meningkatkan cahaya ke tiap ruang, tapi juga kemudahan untuk bergerak.

Kreatif dengan layout furniture dan pencahayaan

Bila memungkinkan, coba atur perabot untuk menciptakan pemisah antara zona fungsional. Ini akan membantu menjelaskan fungsi tiap ruang. Misalnya, tempatkan meja di belakang sofa untuk menciptakan area kerja, atau atur kursi dan sofa agar jelas memisahkan ruang tamu dan area makan.

Anda juga bisa mengatur layout dengan menempatkan pencahayaan berbeda pada tiap ruang. Misalnya, di area ruang tamu, gunakan pencahayaan yang menempel pada langit-lagit lalu di area makan, tempatkan lampu gantung di atas meja makan.